Selasa, 10 Januari 2017

artikel teori komunikasi



TEORI KOMUNIKASI
By : Ibrahim Bramantia Putra
Description: D:\ibam\C360_2016-02-05-14-06-30-975-1.jpg
ILMU KOMUNIKASI-FISIP-UNSOED

Berbicaratentangkomunikasi, komunikasimerupakansuatuhal yang amatpentingdalamsuatuhubungan.Hubunganakanberjalanlancarbilakomunikasiantarsesamaberjalandenganbaik. Jikapadawaktulalukitasudahpernahmembahastentangpengertiankomunikasi, tidakjauhberbeda, disinikitaakanmembahastentangteorikomunkasidanmacam-macamnya. Simakulasannyaberikutini.
Sudahkitaketahui, bahwakomunikasiamatlahpenting.Jikakomunikasiterganggumakainformasiataupesan yang sampaiakanbermasalah. Agar kitabisamenyerapataumenyaringdenganbaikapa yang disampaikanolehseseorang, kitaharusmenerapkan yang namanyateorikomunikasi. Teorikomunikasiadalahkomunikator, media, pesan, pemirsadanumpanbalik, dimanakomponentersebutharussalingmelengkapi agar parakomunikandapatmenyerapapa yang disampaikanolehkomunikator. Ada beberapaahli yang menerangkanapaituteorikomunikasi.
PengertianTeoriKomunikasiMenurut Para Ahli

Borman – Teorikomunikasiadalahsatuperkataan / istilah yang merupakan paying untuksemuaperbincangandananalisis yang dibuatsecaraberhati-hati, sistematikdansadar, tentangkomunikasi.



Little John – Teorikomunikasiadalahsatuteoriatausekumpulan “pemikirankolektif” yang didapatidalamkeseluruhanteoriterutamanya yang berkaitan proses komunikasi.

Cragandan Shields – Teorikomunikasimerupakanhubungan di antarakonsepteoretikal yang membantumemberi, secarakeseluruhanataupunsebabagiannya, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaianataupunramalantindakanmanusiaberdasarkankomunikator (orang) berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton, dansebagainya) untukjangkamasatertentumelalui media.

TeoriBehaviorisme – Salah satuilmuwankomunikasi yang mensupporttoeribehaviorismeadalah Jhon B. Watson (1878-1958), seorangilmuwan di AmerikainidisebutsebagaiBpk. behaveorisme, disebutkanbahwadariteoriinisemuaperilaku, termasuktindakbalasanatau yang dikenaldenganresponitusemuadisebabkandariadanya stimulus (rangsangan), pernyataantsbkitabisamenyimpulkanbahwakalausuaturangsangantelahdiamati&diketahuimakarespondariseseorangtsbakanmudahdanbisadiprediksikan, darisetiapperilakudapatkitapelajarimelaluihubunganrangsangandanjugarespon.

TeoriInformasi – Teoriinformasiinimerupakansebagiandariteorikomunikasi yang klasik, teoriinimerupakanbentukpenjabarandarikarya Claude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949), padateoriinidisebutkanbahwakomunikasisebagaitransmisipesan&bagaimana transmitter menggunakansalurandan media dalamberkomunikasi, di dalamteorikomunikasiinformasiinimenitikberatkanpadasaluranatau media yang digunakanoleh transmitter jikasinyaldalam media initidakbaikmaka proses komunikasitersebutakantidaklancarbegitusebaliknya.

Teori Agenda Setting – Teori Teori Agenda Setting hampirsamadenganteoriinformasikarenadalamteoriinisama-samabergantungpada media, teoriinidikenalkanoleh Mc Combs dan DL Shaw (1972). Toeriinimempunyaiargumenbahwa media sangatmemberitekanankepadasuatukejadian, darikejadianitu media mengangkatperistiwatsbdanmempengaruhimasyarakatuntukmenganggapperistiwatersebutpenting.Dapatdisimpulkanjikahalapa yang dianggappentingoleh media, makapentingjugabagimasyaakat.

Teori Uses and Gratifications (kegunaandankepuasan) – Teoriinidikemukakanoleh Herbert BlumerdanElihu Katz (1974).Padateoriinihal yang di utamakanialahpengguna media, pengguna media mempunyaiperan yang aktifdalamteoriini, untukmemilihdanmenggunakan media tersebut.

TeoriDependensiEfekKomunikasi Massa – Teoridependensiefekkomunikasidikembangkanoleh Sandra Ball-Rokeachdan Melvin L. DeFluer (1976), teoriinilebihmenfokuskankepadakondisistrukturalpadasuatumasyarakat, daristrukturalmasyarakatinikecenduranganakanterjadisuatuefek media massa. Teoriinibisadiakusisiolehparakomunitasmasyarakat modern danbagaimanamasyarakat modern mempunyaianggapanbahwa media massamerupakanpusatinformasi yang mempunyaiandilpentingdalam proses memelihara, perubahan, dankonflikdalamtataranmasyarakatdanmasalahperorangandalamsuatuaktivasisocial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar